Friday, September 13, 2013

·

Kecerdasan Buatan Di Masa Depan
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Kecerdasan buatan”


Rani Hanifah
1100284
ILMU KOMPUTER


PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013




Sejarah AI Kecerdasan buatan
Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang sangat penting di era kini dan masa akan datang untuk mewujudkan sistem komputer yang cerdas.  Bidang ini telah berkembang sangat pesat di 20 tahun terakhir seiring dengan kebutuhan perangkat cerdas pada industry dan rumah tangga, oleh karena itu buku ini memaparkan berbagai pandangan modern dan hasil riset terkini  yang perlu dikuasai oleh para akademisi, pelajar dan praktisi lengkap dengan implementasi nyata.
Kata “intelligence” berasal dari bahasa Latin “intelligo” ang bearti “saya paham”.  Barti dasar dari intelligence ialah kemampuan untuk memahami dan melakukan aksi.  Sebenarnya, area Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) atau disingkat dengan AI,  bermula dari kemunculan komputer sekitar th 1940-an, meskipun sejarah perkembangannya dapat dilacak sejak zaman Mesir kuno. Pada masa ini, perhatian difokuskan pada kemampuan komputer mengerjakan sesuatu yang dapat dilakukan oleh manusia.  Dalam hal ini, komputer tersebut dapat meniru kemampuan kecerdasan  dan perilaku  manusia.












Tujuan dari sistem kecerdasan buatan dapat dibagi dalam 4 kategori
1.      Sistem yang dapat berfikir seperti manusia (Bellman, 1978)
2.      Sistem yang dapat berfikir secara rasional ( Winston, 1992)
3.      Sistem yang dapat beraksi seperti manusia (Rich and Knight, 1991)
4.      Sistem yang dapat beraksi secara rasional (Nilsson, 1998)


Contoh AI MASA DEPAN

1.               Makanan yang diproduksi menggunakan nano technology  mulai digunakan secara umum. Makanan tersebut memiliki komposisi gizi yg baik, mempunyai rasa dan tekstur yg sama dengan makanan organic.
Makanan merupakan salah satu kebutuhan terpenting dalam kebutuhan manusia . Oleh karena itu berbagai upaya telah dicoba dan dilakukan agar kebutuhan akan pangan dapat terpenuhi dengan baik. Pada awalnya jumlah atau kuantitas menjadi tujuan utama dari berbagai usaha memaksimalkan hasil yang dilakukan , misalnya dengan intensifikasi dan ektensifikasi pertanian.
Definisi dasar dari teknologi nano adalah suatu proses rekayasa dari fungsi sistem pada tingkat molekular. Teknologi ini mengacu pada manipulasi atau perakitan diri dari atom , molekul atau kelompok molekul menjadi material atau alat dengan sifat-sifat baru. Cara kerjanya melalui proses “ top down “ ataupun “ bottom up “. Top down berarti memperkecil ukuran sampai pada skala nano contohnya diterapkan pada elektro nano dan rekayasa nano . Sedangkan bottom up merupakan kebalikan proses dari top up , dimana pada proses ini atom-atom atau molekul dimanipulasi sehingga menjadi susunan dengan skala nano.Hal ini lebih menyerupaibiokimiaatom.            Teknologi nano kadang disebut sebagai teknologi yang mempunyai kegunaan umum, karena dengan adanya teknologi ini akan mempengaruhi berbagai bidang industri pada khususnya dan sosial pada umumnya . Dengan penerapan teknologi ini dalam industri maka akan tercipta produk yang lebih baik lebih awet , lebih bersih dan lebih pintar.

            Penerapan Teknologi Nano dalam makanan yaitu :
1.      Dalam bidang proses ( processing )
Teknologi nano memberikan alternatif dalam pemrosesan makanan sehingga akan dihasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik . Penerapan teknologi ini dalam pemrosesan makanan meliputi dua hal , yaitu :

a. Sintesa bahan

Proses sintesa bahan meliputi pembuatan makanan fungsional ( interactive food ) . Makanan fungsional merupakan makanan yang dapat merespon kebutuhan tubuh akan suatu nutrien dan memenuhi kebutuhan itu dengan cara yang efisien. Salah satu contoh yang sudah dikembangkan adalah nanocapsule yang mengandung minyak ikan tuna ( sumber asam lemak omega 3 ). Nanocapsule ini didesign untuk dapat pecah setelah mencapai perut , sehingga rasa tak enak dari minyak ikan tidak mengganggu .Produk lain yang telah dikembangkan adalah Nano-Sized Self-Assembled Liquid Structure ( NSSL ) yang merupakan teknologi yang dapat mengantarkan nutrien dalam ukuran partikel nano ke dalam sel .
b. Proses pemecahan ( fraksinasi )

Proses fraksinasi secara umum adalah pemecahan ukuran molekul suatu senyawa sampai dengan ukuran partikel nano ( ukuran diameter 1 – 100 nm ).Proses ini banyak digunakan pada pembuatan emulsi , gel dan foam . Produk yang telah dikembangkan adalah ice cream rendah lemak dengan kandungan lemak berkisar 16 % sampai dengan 1 % . Ice cream jenis ini dibuat dengan cara memperkecil ukuran partikel emulsi sampai dengan ukuran nano . Partikel emulsi ini akan memberi tekstur yang baik pada ice cream.


2.      Peningkatan cita rasa ( flavor and colour improvement )

Cita rasa adalah salah satu indikator kualitas dari suatu produk makanan . Dalam hal ini konsumen sangat memegang peranan penting.
Teknologi nano mamberikan pengembangan makanan interactive yang memberikan kebebasan konsumen untuk memilih rasa dan warna dari makanan yang akan dimakan. Pembuatan nanocapsule yang berisi warna dan rasa makanan memberikan peluang pada konsumen untuk memilih rasa dan warna yang diinginkan. Nanocapsule ini akan bersifat inert sampai dengan makanan dikunyah dalam mulut .
3.      Pengawetan ( preservation )

Makanan merupakan komoditas dengan karakteristik mudah rusak dan tidak tahan lama .Untuk mempertahankan kualitas agar sama dengan pada saat diproduksi , maka produk makanan harus melalui proses pengawetan baik secara fisik maupun kimia

4.      Keamanan ( safety )

Faktor keamanan juga merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum mereka membeli suatu produk makanan. Produsen harus mampu memberikan keyakinan kepada konsumen mengenai keamanan makanan yang diproduksinya .
Penggunaan nanosensor tidak hanya pada kemasan , tetapi juga pada proses produksi . Nanosensor dikembangkan untuk dapat mendeteksi bakteri dan berbagai kontaminan seperti salmonella yang mungkin ada di dalam makanan pada unit pengemasan. Dengan teknik ini , pengujian sampel dapat dilakukan lebih sering tanpa harus mengirim sampel ke laboratorium dan menekan biaya pemeriksaan.

5.Pengemasan(packaging)
Pengembangan teknologi pengemasan ditujukan untuk memperpanjang umur dan mempermudah distribusi produk kepada konsumen . Sistem pengemasan untuk masa yang akan datang diharapkan mampu menutup lubang-lubang kecil pada kemasan dan memiliki respon yang baik terhadap lingkungan ( contohnya perubahan suhu dan kelembaban). Teknologi nano yang sudah diterapkan dalam bidang ini contohya adalah penggunaan ”clay nanocomposite ”yang disebut imperm dalam botol ringan , karton dan kemasan plastik film yang lain dan berfungsi sebagai penghalang yang bersifat impermeable terhadap gas- gas seperti oksigen atau karbondioksida .Nanocomposite ini banyak digunakan pada botol bir dan minuman ringan yang membutuhkan kemasan bersifat impermeableterhadap gas .
Kesimpulan
Bahwa teknologi nano yang diterapkan dalam industri pengolahan bahan makanan secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari produk makanan yang dihasilkan sehingga dapat memenuhi keinginan dari konsumen .Penggunaan teknologi nano dalam industri makanan masih terus dikembangkan sampai saat ini.


2.Robot Penghasil Oksigen
Jika saya ditanya ingin ada robot seperti apa di masa depan, jawabannya adalah robot penghasil oksigen. Mengingat oksigen itu merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk mahluk hidup, maka bila ada robot penghasil oksigen akan sangat bermanfaat. Karena oksigen berasal dari tumbuhan hijau, maka robot ini sebenarnya berfungsi membuat tumbuhan tersebut yang pada akhirnya akan menghasilkan oksigen. Robot seperti ini pasti akan sangat bermanfaat,  jika suatu saat bumi keadaannya alamnya sudah sangat menghawatirkan, juga dapat di manfaatkan oleh para astronot yang bisa mendapat oksigen dari robot ini ketika berada di planet lain. Bentuknya mungkin akan seperti pot, yang nantinya akan muncul tumbuhan dari pot tersebut, yang akhirnya menghasilkan oksigen.
Mungkin untuk pembuatannya akan sulit, bagaimana cara robot untuk membuat tumbuhan? Apakah itu bisa terwujud? Pastinya di butuhkan waktu untuk menelitinya dan mengembangkannya. Namun saya berharap robot seperti ini bisa ada.
Nah ternyata setelah saya googling ide seperti ini memang sedang di kembangkan oleh NASA badan atariksa Amerika Serikat yang mengembangkannya yaitu mahasiswa dari Universitas Colorado. Mereka menamakannya dengan robotic garden. Fungsinya untuk astronot yang sedang berada di luar angkasa, jadi robotnya dapat di bawa dan tetap tumbuh disana, sehingga dapat sebagai sumber makanan dan oksigen.






3.Robot Pendeteksi Kebohongan

Disini saya akan menjelaskan robot imajinasi saya yaitu robot pendeteksi kebohongan. Dimana robot ini dapat mengetahui kebohongan yang dilakukan manusia saat manusia sedang berbicara.
Sebelumnya robot ini harus mengenali ciri-ciri orang yang berbohong. Dengan cara robot ini mempelajari raut wajah, nada suara, detak jantung, dan pola bernapas dari orang yang berbohong.
Cara kerja robot ini yaitu misal kita ingin mengintrogasi/mewawancarai seseorang, tempatkan seseorang tersebut berhadapan dengan robot, lalu ajukan pertanyaan. Selanjutnya robot pendeteksi kebohongan akan memulai pekerjaannya dengan memperhatikan kesesuaian antara wajah, tubuh, suara, dan kata-katanya. Selain itu robot ini akan mendeteksi pola bernafas, memperhatikan nada suara apabila tiba-tiba orang tersebut merubah nada suaranya dari cepat ke lambat, lalu mengukur detak jantung orang yang sedang diinterogasi/diwawancara.
Diharapkan dengan adanya robot ini bisa bermanfaat untuk masyarakat untuk lebih menunjung tinggi nilai kejujuran demi lebih baiknya kehidupan bermasyrakat.Yah daripada bohongnya ketauan oleh robot, lebih baik jujur saja kan. Karena salah satu titik kesejahteraan masyarakat adalah dengan adanya kejujuran.











4.Gestural Computing
Suatu Alat untuk mendeteksi dengan rekaman-rekaman yang ada.


5.Wearable PS3 suit
Robot yang dilengkapi proyektor dan supply sendiri, soundsnya mungkin kurang


5.      Brain Implants
Berencana unutk membuat alat ini yaitu sensor otak implant, yang mana dapat digunakan untuk memerintah computer atau peralatan elektronik lain nya.

7.Transitions Contacs
Alat ini bukan untuk gaya tetepi untuk menjaga jika ada sinar UV lewat,dan secara otomatis alat ini contact lensa akan mengatur cahaya tersebut,dan disinilah terlihat seakan-akan mata kita berubah warna.

8.Robot Rodeo
Robot ini digunakan untuk “FUN”, sepertinya robot ini
Digunakan atau dijadikan seolah-olah banteng atau berpikir nya cara berpikir banteng.



9. Ultra Flat speaker
Suatu alat untuk mengubah konsep speaker konvensional saat ini , bahwa kosnep speaker yang tipis pun dapat membuat suara yang sama menggetarkan seperty speaker biasa konsep ini di ambil dari konsep Headphone-Headphone premium

11.  Robot Nissan EPORO

Divisi penelitian dan pengembangan produsen mobil asal Jepang itu menciptakan EPORO (EPisode 0 Robot) yang dikembangkan sejak 2009 silam, yang diilhami oleh cara hidup bermasyarakat ikan dan lebah.

EPORO adalah proyek awal untuk tujuan masa depan. Kendaraan harus mampu mencegah kecelakaan (zero fatalities) dan cedera penumpang. Toru Futami, Engineering Director of Advanced Technology and Research Nissan, mengatakan bahwa mempelajari perilaku binatang bersama kelompoknya sangat membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana kendaraan saling berinteraksi untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi.

            Tak hanya saling mencegah tabrakan, EPORO juga bisa berkomunikasi ketika berada di persimpangan, berbelok, atau lurus tanpa traffic light. Toshiyuki Andou, Manager Nissan Mobility Laboratory, menambahkan, tak kalah penting adalah cara mencegah tabrakan.
"Jika bisa dideteksi, untuk mencegah tabrakan—cara lebah —berbalik arah dengan cepat. Pada mobil, roda langsung dibelokkan atau diubah arahnya sesuai dengan sudut yang tepat," tukas Andou.



12. Komputer Generasi Ke-enam
Pengembangan komputer generasi keenam lebih berpusat pada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan interaksi antara manusia dengan komputer. Interaksi ini mencakup interaksi secara fisik, psikis, interaksi dalam bahasa (linguistic) dan logika(logic).  Pengoperasian Komputer ke enam ini semua orang bias menggunakan dengan kemampuan software dan hardware yang didukung system operasinya bagus, computer ini dapat disebut computer tercepat karena bekerja nya dengan system vector proyektor , yaitu adanya penggunaan beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara pararel, dapat dimanfaaatkan oleh industry-industri terbesar seperty melakukan perancangan pesawat terbang,peramaln cuaca,dan pengeboran minyak. Di computer ini terpasang proyektor built sebagai pengganti monitor dan kibor membran.







13. Robot Asimo
Robot Asimo ini sangat canggih , Asimo merupakan kependekan Advanced Step in Innovative Mobility. Robot humanoid ini diluncurkan kali pertama oleh Honda pada thn 2000. Dia dirancang bisa beradaptasi didunia nyata serta dapat berjalan dengan menggunakan ke-2 kakinya. Asimo dapat mengetahui objek bergerak, suara, serta wajah manusia. Dua matanya adalah sepasang kamera yang berguna untuk mengenali lingkungan dan menghitung jarak ataupun arah ke suatu lokasi. Selain itu, Asimo juga dapat mengikuti seseorang serta mengerti perintah suara dan gerakan tangan, sehingga ia dapat merespon bila ada yang ingin berjabat tangan dengannya.

14. 5.HRP-4C
Tak hanya dapat bicara dan menyapa penonton, robot dengan wajah cantik bernama HRP-4C ini juga didesain sedemikian rupa supaya setiap gerak tubuhnya serupa dengan manusia sungguhan. Robot ini yang didesain untuk peragaan busana ini memiliki tinggi yang sama dengan tinggi perempuan Jepang pada umumnya yang sekitar 158 cm. Menurut National Institute of Advanced Industrial Science and Technology selaku pengembangnya, wujud si robot terinspirasi dari tokoh pada sebuah manga (komik) Jepang.


16. Topio


Topio adalah robot humanoid yang didesain mampu menjadi atlet ping pong nan handal. Ya, robot asal Jepang ini dapat menjadi lawan yang cukup berat di meja pingpong.

Kepanjangan Topio sendiri adalah Tosy Ping Pong Playing Robot. Topio memang memiliki kecerdasan buatan yang cukup maju sehingga bisa meningkatkan skillnya dengan terus-terusan main ping pong.
17. 4. Violin Robot
http://www.mesammesem.com/serverupload/uploadpics/images/120414_toyota-partner-robot.jpg

Sesuai namanya, Violin Robot adalah robot canggih yang bisa memainkan biola. Pembuatnya adalah Toyota, produsen mobil raksasa asal Jepang. Jari-jari si Violin Robot dapat dengan lincah memainkan biola dan melantunkan nada dengan harmonis.Robot setinggi 152 centimeter itu bisa berjalan tegak. Bahkan sebelum mulai memainkan biola, dia dapat memberikan salam berupa lambaian tangan kepada para penonton yang hadir untuk melihat kebolehannya.







18. Yurina
http://www.mesammesem.com/serverupload/uploadpics/images/121024_yurina.jpg
Robot Yurina ini dirancang untuk membantu para manula. Pembuatnya, Logic Machine menyatakan si robot sudah digunakan di rumah sakit Osaka di mana ia bisa mengangkut pasien ke tempat lain. Juga bisa membantu mandi dan mengganti popok , Si robot dapat diperintah dengan suara ataupun layar sentuh. Pengoperasiannya pun mudah, bahkan oleh orang yang sudah lanjut usia sekalipun.












Referensi


0 comments:

Post a Comment

handapeunpost